Jumat, 09 November 2018

Cara Instal windows 7 dari USB flashdisk. Secara umum dan normal penginstalan sistem operasi windows 7 adalah dengan menggunakan DVD. Pilihan Alternatif instalasi tersebut dapat dilakukan juga dari flashdisk. Ini artinya kita harus mentransfer file instalasi dari DVD windows 7 atau file berbentuk ISO kedalam flashdisk dan membuat pengaturan terlebih dahulu pada flashdisk tersebut agar dapat digunakan dengan benar pada saat booting komputer atau laptop.

 Mentransfer file windows 7 dari DVD atau ISO ke dalam Flashdisk tidaklah semudah seperti meng-copy-paste, tetapi ada beberapa metode agar flashdisk dapat digunakan sesuai yang diharapkan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini yang secara umum berlaku pada windows 7 Ultimate, Professional, Home Premium, dan edisi lainnya.

okk langsung saja ke tkp

Langkah-langkah Instalasi windows 7 menggunakan Flashdisk

 Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal windows 7 menggunakan flashdisk:

1. Siapkan DVD Windows 7 atau File ISO.
2. Siapkan Flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 4 GB, rekomendasi 8 GB agar bisa masuk Windows 7 All-in-One.
3. Transfer File DVD Windows 7 atau ISO kedalam Flashdisk dan kemudian Install Windows 7 seperti biasa.

Tips: Jika File berbentuk ISO, maka kita dapat mentransfer ke dalam Flashdisk yang dijelaskan pada metode 1 dibawah ini, tetapi jika berbentuk DVD, maka kita harus merubah DVD tersebut terlebih dahulu menjadi bentuk ISO agar dapat berjalan dengan benar. Tetapi ada juga cara alternatif yang dijelaskan pada metode 2 dibawah ini yang dapat mentransfer DVD Windows ataupun ISO kedalam Flashdisk dan langsung dapat digunakan.

Metode 1

Transfer File ISO Windows 7 ke dalam Flashdisk menggunakan Software Rufus. Namun jika File tersebut masih dalam bentuk DVD, maka harus dirubah kedalam bentuk ISO menggunakan Software seperti BurnAware, ImgBurn, CDBurnerXP, atau software sejenis. ATAU Gunakan Metode 2 di bawah.

 Untuk mentransfer file ISO kedalam Flashdisk memakai program Rufus:

1. Download Rufus, software gratis yang dirancang untuk memformat dan membuat perangkat flashdisk atau kartu memori menjadi bootable. Rufus secara otomatis mengekstrak semua file berbentuk ISO dan mentansfer kedalam Flashdisk sehingga dapat digunakan untuk menginstal Windows 7, 8, 10.

2. Jalankan program Rufus.
3. Masukan perangkat Flashdisk ke komputer atau Laptop.

4. klik Device dan pilih lokasi USB Drive Flashdisk yang akan ditransfer file ISO Windows 7.

5. Biarkan Partition scheme and target system type, File system, Cluster size, dan New Volume Label, atau kita dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.

6. Dibawah Format Options, terdapat beberapa pilihan pengaturan, tetapi kita dapat membiarkannya secara default.

7. Pada bagian “Create a bootable disk using” Pilih ISO Image dan kemudian Klik icon CD/DVD untuk memilih File ISO yang telah disiapkan. Ini membutuhkan beberapa saat agar Rufus dapat memeriksa file ISO tersebut.

8. Klik Start untuk memulai format dan mentransfer semua isi dari file ISO kedalam Flashdisk. Klik OK jika muncul Peringatan atau Warning.

9. Tunggulah beberapa menit sampai prosesnya selesai sampai muncul notifikasi DONE. Kita dapat menutup program Rufus jika telah selesai dan langsung dapat menggunakan Flashdisk tersebut untuk menginstal Windows 7.

Untuk melanjutkan instalasi bisa dilihat dilink berikut ini:
Cara Install Windows 7

1 komentar:

Categories

Ewokz Sudrazat

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

SAGALA CARA

SAGALA CARA
Channel Youtube

Ewokztutor.blogspot.com

Blog ini sengaja di buat untuk saling berbagi ilmu dan apa bili ada kesalahan mohon maaf karena saya juga manusia yang tidak luput dari kesalahan