Selasa, 03 Desember 2019


 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa html dibangun dari syntax-syntax yang dimasukan bersama isi atau informasi web yang bersangkutan. HTML itu sendiri memiliki kerangka dasar, untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan di bawah.



1. HTML diawali dengan tag '<html>' dan diakhiri dengan tag '</html>'
<html>

</html>
Tag-tag tersebut memberi perintah kepada browser (kurang lebih) bahwa dokumen html dimulai dari sini (<html>) dan diakhiri di sini (</html>).

2. Setiap dokumen HTML terbagi menjadi dua bagian data(head dan body)
<html>
<head> </head>
<body> </body>
</html>
Bagian head ditandai dengan sepasang tag '<head></head>' dan bagian body ditandai dengan sepasang tag '<body></body>'. Perhatikan cara penulisannya! element-element yang memiliki sepasang tag (star tag dan end tag) tidak boleh dipasang secara selang-seling. Lihat contoh penempatan tag yang salah berikut ini:
<html>
<head>
<body>
</head>
</body>
</html>
Jadi penulisan yang benar harus seperti ini, contoh :
<tag1><tag2></tag2></tag1>
<tag3><tag4><tag5></tag5></tag4></tag3>
Oke, bisa dimengerti ya sampai di sini...

3. HTML bagian head
Untuk pelajaran kali ini kita hanya akan menambahkan satu element saja ke dalam bagian header HTML yaitu, element title (<title></title>).
<html>
<head>
<title> ewokz tutor 
 </title>
</head>
<body>
</body>
</html>
Element title memberikan informasi judul halaman web kepada browser. Pada contoh di atas, saya beri judul 'kursus-gratis'. Nantinya judul tersebut akan muncul pada tab di browser anda.

4. HTML bagian body
Di bagian body inilah informasi yang ingin disampaikan (ditamplkan browser) oleh si pembuat web itu di simpan. Sekarang buka program notepad anda lalu copy paste kode di bawah ini ke dalam notepad terus simpan (save as) dengan nama 'index.html'. Kalau sudah silahkan buka file html anda tersebut.
<html>
<head>
<title> ewokz tutor </title>
</head>
<body>
SELAMAT! Ini halaman web pertama anda .!!
</body>
</html>

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Ewokz Sudrazat

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

SAGALA CARA

SAGALA CARA
Channel Youtube

Ewokztutor.blogspot.com

Blog ini sengaja di buat untuk saling berbagi ilmu dan apa bili ada kesalahan mohon maaf karena saya juga manusia yang tidak luput dari kesalahan