CONTOH KASUS PENDEKATAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
CONTOH KASUS
1.) IdentifikasiMasalah2.) AnalisisSistem
3.) AnalisisKebutuhan
1.) IdentifikasiMasalah
IDENTIFIKASI MASALAH (1)
Permasalahanyang terjadidi PoliklinikABC adalahsebagaiberikut:
- Data-datayang disimpanmasihberjalanmanual, padahalkebutuhanakandata-data pasienrawatjalan, rekammedispasien, dan dokteryang menanganitiappasienmeningkat.
- Sistemyang dijalankanbelumsepenuhnyamembantupekerjaan, karenakebutuhanakandata yang efektifdan efisiensertaadasaatdibutuhkan(availability) belumbisaterpenuhi.
- Penyediaandata yang banyakmenyebabkanoverloaddatadan informasikurang.
Dari identifikasimasalah, didapatkananalisissistempada PoliklinikABC sebagaiberikut:
- Penyimpanandata dalambentukkertasataumanual menimbulkanrisikoyang cukupbesar, sepertikebakaran, rusak,ataubencanaalamyang bisamengakibatkandata-data pentingituhilang, sehinggadiperlukansistemyang bisamenyimpandata lebihaman.
- Kebutuhanakandata yang efektifdan efisiensertaadasaatdibutuhkan(availability) menjadialasanutamauntukpenyediaaninformasiyang akurat.
- Datayang kuranglengkapmenyebabkaninformasipelayanankesehatanjuga kurang, karenadata tidaktersusunrapidan susahnyapencariandata yang mengurangiinformasidaridata tersebut.
Data yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem informasi Poliklinik ABC adalah:
- Nama pasien, alamat, jenis kelamin, tanggal lahir, agama, golongan darah, status, alergi, pekerjaan, dan nomor telepon.
- Nama dokter, alamat, jenis kelamin, tanggal lahir, spesialisasi, dan nomor telepon.
ANALISIS KEBUTUHAN (2)
- Data Obat : Nama obat, jenisobat, aturanpakai, harga, efeksamping, kedaluwarsa, takaran, dan produsen.
- Data Admin atauPetugas : Nama petugas, alamat, jenis kelamin, tanggal lahir, dan nomor telepon.
- Data Pemeriksaan : Data pasien, data dokter, keluhan, diagnosis, perlakuanataupemeriksaan, data obat, dan tanggalperiksa.
- Data Biaya : Data pasien, pemeriksaan, dan total hargaobat.
Fungsi dari sistem iniadalah:
- Proses loginuntukdokterdan petugas.
- Proses pengelolaandata pasienmeliputiinput, update,dan delete.
- Proses pengelolaandata doktermeliputiinput, update, dan delete.
- Proses pengelolaan data petugas meliputi input, update,dan delete.
- Proses pendaftaranpasien, baikdaftar barumaupunpendaftaranuntukperiksadilakukanoleh userpetugas.
- Proses searchingatau pencarian data (data pasien, data dokter, data petugas, data pemeriksaan, dan data obat).
- Proses pemeriksaan, dilakukan oleh user,yaitu dokter.
- Proses pemberian obat, dilakukan oleh petugas untuk diberikan kepada pasien.
0 komentar:
Posting Komentar